Umbul Sidomukti Destinasi wisata alam yang berda di lereng Gunung Ungaran, Semarang. Tempat wisata di area Bandungan ini mempunyai hawa dingin, sejuk  dan udara yang segar. Kawasan wisata alam ini mempunyai luas sekitar 32 hektar serta berada di ketinggian 1.200 mdpl.

Pesona utama tempat wisata ini yaitu terletak di  kolam renang dari sumber mata air alami yang  air’nya dingin dan segar. Di tempat ini pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang dan outbond, Sambil menikmati pemandangan keindahan alamnya. Di destinasi wisata umbul sidomukti juga menyediakan camping ground, penginapan serta  fasilitas gathering.

Umbul Sidomukti

Foto IG @anindyapsari

Wahana Di Umbul Sidomukti

Tempat wisata yang dekat dengan puncak Gunung Ungaran, telah menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan. Di tepi lembah yang curam dan jurang terlihat memisahkan punggung gunung sering menjadi latar untuk  berfoto. Pemandangan alami yang begitu indah menjadikan Umbul Sidomukti banyak dikunjungi wisatawan.

Umbul Sidomukti juga menawarkan kolam renang alami dengan air yang membuat badan tersasa segar dan juga banyak wahana seru lainnya. Tempat wisata alam ini telah menjadi lokasi liburan untuk keluarga berkonsep REAL (Recreation, Education, Advanture and Leisure). Di tempat wisata ini dilengkapi juga wahana outbond, Taman Renang Alami, café serta penginapan.

Baca Juga: Celosia Happy & Fun, Tempat Seru Berlibur Bersama Keluarga di Semarang

Dengan begitu lengkapnya fasilitas yang ada, pengunjung yang datang hampir di semua kalangan. Bahkan pada hari biasa, rata-rata 500 wisatawan datang dan di akhir pekan, jumlah pengunjung melonjak menjadi sekitar 1.500 orang.

Menikmati Keindahan Pemandangan dari Ketinggian

umbul sidomukti

Villa Pondok Panorama menjadi tempat menginap dengan suguhan suasana alam Gunung Ungaran di ketinggan 1300 mdpl. Foto : Instagram/umbul.sidomukti

Kawasan Umbul Sidomukti diapit oleh dua jurang serta dikelilingi dengan pemandangan hijau. Di tempat ini, pengunjung akan merasakan suasana yang tenang, jauh dari kehidupan perkotaan. Melihat pemandangan alam dari ketinggian akan memberi efek relaksasi untuk wisatawan.

Di tempat wisata ini pengunjung dapat melihat hamparan kawasan Ambarawa serta panorama 9 puncak pegunungan. Yaitu puncak Gunung Andong, Telomoyo, Ungaran, Merbabu, Lawu dan juga Gunung Muria. Dari tempat ini wisatawan juga bisa melihat Rawa Pening, serta 2 bukit kembar Cemanggal.

Baca Juga: Ayanaz Gedongsongo Semarang | Segudang Spot Foto Kekinian

Ketika pagi hari, wisatawan bisa menikmati indahnya momen ketika terbitnya matahari dari tempat wisata ini. Momen yang tidak kalah indahnya adalah langit merona ketika matahari tenggelam tepat di depan kolam renang. Sedangkan ketika malam hari, wisatawan bisa melihat gemerlapnya lampu kota dari tempat wisata ini.

Taman Renang Alam

kolam redang umbul sidomukti

Salah satu aktivitas yang paling favorit ketika pengunjung di situs wisata Ungaran  adalah berenang. Banyak yang menjuluki berenang di kolam alami ini bagaikan berenang di atas awan.  Kolam renang yang berada di tepi lereng membuat wisatawan dapat melihat awan serta hamparan lembah.

Di kolam renang ini menyediakan empat kolam renang alami yang bertingkat. Dengan kedalamannya yang berbeda, memungkinkan pengunjung dewasa dan anak-anak bisa berenang di kolam alami ini. Kolam yang berada di atas dalamnya  sekitar 1,5 meter dan yang berada di bawah, yang terdangkal yaitu untuk anak-anak.

Baca Juga: Menikmati Sensasi Malam di Angkringan Kampung Jawi Semarang

Berenang di kolam alami dengan sumber mata air yang tidak pernah mengering . Airnya kolam renang ini berasal dari mata air pegunungan Ungaran yang begitu jernih dan menyegarkan relatif dingin.

Pondok Kopi Umbul Sidomukti

pondok kopi umbul sidomukti

Di tempat wisata ini terdapat juga café yang menawarkan pemandangan alam yang mempesona. Di tempat wisata ini, pengunjung dapat bersantai dan menyantap aneka menu hidangan yang istimewa.

Salah satu café yang populer di tempat wisata ini adalah Pondok Kopi. Di tempat wisata ini, pengunjung dapat merasakan nikmat meminum kopi sambil ditemani panorama alam yang begitu indah.

Flying Fox

Flying Fox di Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti juga memiliki Flying Fox  dengan panjang lintasan 110 m dan ketinggian 70 m. Wahana flying fox ini menawarkan dua pilihan track yaitu marine bridge di lembah dan rapeling menuruni lembah sisi kolam.

Baca Juga: Kota Lama Semarang – Pusat kota perpaduan gaya Belanda & Indonesia abad ke-18

ATV

ATV di Umbul Sidomukti

Salah satu Alternatif wahana di luar ruang lainnya adalah dengan mengelilingi tempat Desa Wisata Sidomukti dengan ber-offroad ria. Pengunjung dapat melewati berbagai macam perkebunan yang berada di sekitar dengan ATV. Wahana ini bisa dikendarai dengan jalan menantang yang berada di area taman wisata alam.

Little Ranch

Little Ranch di Umbul Sidomukti

Berkunjung di Little Ranch, Keluarga dan anak-anak bisa berkenalan dengan berbagai hewan. Seperti  Kelinci, Rusa, Kambing Etawa, Kambing Merino.

Selain itu, Ada juga beberapa permainan yang tersedia seperti Panahan dan Air Softgun. Wisatawan juga bisa berkuda untuk mengelilingi kebun sayur yang terdapat di sekitar objek wisata.

Gua Tirta Mulya

Goa Tirta Mulya terdapat di sekitar kawasan wisata umbul sidomukti berjarak sekitar 1 Km. Bisa ditempuh dengan  kendaraan atau berjalan kaki sekitar 20 menit.

Gua Tirta Mulya konon dipakai oleh masyarakat untuk mencari sumber air di lereng Gunung Ungaran.

Fasilitas Penginapan Di Resort Umbul Sidomukti

Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan penginapan. Tempat wisata ini menawarkan dua pilihan. Yaitu mendirikan tenda atau menginap di vila atau homestay yang nyaman.  wisatawan dapat menikmati indahnya malam ditemani gemerlap kota Semarang tempat wisata ini.

Baca Juga: Wisata Goa Kreo Semarang, Sejarah & Harga Tiket Masuk

Camping Ground

umbul sidomukti

Berkemah di Camping Ground memberikan sensasi menginap di alam bebas.
Foto : Instagram/umbul.sidomukti

Villa Pondok Panorama

umbul sidomukti

Villa Pondok Panorama menjadi tempat menginap dengan suguhan suasana alam Gunung Ungaran di ketinggan 1300 mdpl. Foto : Instagram/umbul.sidomukti

Harga Tiket Masuk Umbul Sidomukti

Pengunjung yang datang ke tempat wisata ini tidak perlu khawatir dengan tarif tiket masuk. Harga tiket masuk objek wisata ini terbilang cukup murah. Hanya dengan beberapa ribu wisatawan sudah dapat menikmati keindahan tempat wisata kaki Gunung Ungaran ini.

Harga Tiket Masuk Umbul Sidomukti
Jenis Tiket Harga
Tiket New Normal Umbul Sidomukti Rp5.000
Wahana Rp25.000 – Rp75.000
Umbul Sidomukti Standard Room Weekday & Weekend Rp500.000 – Rp600.000
Umbul Sidomukti Superior Room Weekday & Weekend Rp650.000 – Rp700.000
Umbul Sidomukti Deluxe Room Weekday & Weekend Rp750.000 – Rp900.000
Umbul Sidomukti Family Room Weekday & Weekend Rp1.000.000 – Rp1.300.000

Jam Buka Umbul Sidomukti

Waktu operasional
Setiap Hari 09.00-17.00

info semarang adalah Media informasi berita, event, loker, wisata dan kuliner di kota Semarang dan sekitarnya , Dapatkan info seputar terkini.