Wisata Bukit Cinta Ambarawa: Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuknya

0
250
Wisata Bukit Cinta Ambarawa: Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuknya

Destinasi wisata Bukit Cinta merupakan salah satu tempat wisata perbukitan yang terletak di Ds Kebondowo Kec Banyubiru Semarang. Bukit Cinta ialah bukit kecil yang terletak di pinggir Danau Rawapening. Fasilitas transportasi mengarah ke tempat ini sangatlah gampang serta murah, kurang lebih cuma dekat 5 Kilometer dari Kota Ambarawa mengarah ke arah Salatiga melewati Banyubiru. Dari Salatiga sendiri, Bukit Cinta bisa ditempuh dengan jarak dekat 10 Kilometer. Objek wisata ini mengandalkan keteduhan pepohonan serta panorama alam danau Rawapening. Buat wisata air semacam memancing, ski air, maupun berkelana danau Rawapening bisa dinikmati dengan menyewa perahu motor. Adapula oleh-oleh khas dari objek wisata ini adalah kerajinan dari enceng gondok.

Satu Jam Dari Kota Saat Anda memiliki kesempatan berlibur ke Ambarawa, cobalah mampir ke Rawa PDikala Kamu mempunyai kesempatan liburan ke Ambarawa, cobalah mampir ke Rawa Pening.. Rawa Pening memiliki pemandangan yang cukup menyejukkan mata.

Kawasan ini mempunyai banyak sekali spot- spot keren yang bakal memanjakan para photographer buat membidikkan lensanya ataupun hanya menikmati hawa serta panorama alam yang indah.

Anda dapat menikmati pemandangan Rawa Pening dari GoRong View atau dapat juga dinikmati dari Desa Sumurup tepatnya di tengah jalur kereta apinya dekat dengan tambak.

Rawa Pening menawarkan sebagian destinasi wisata salah satunya yang terkenal merupakan bukit cinta. Untuk menjangkau kawasan ini Anda menghabiskan waktu kira-kira 1 jam dari ibukota Jawa Tengah, Semarang.

Sejarah Destinasi Wisata Bukit Cinta Ambara Semarang

Destinasi wisata Bukit Cinta ini dulunya adalah sebuah tempat yang digunakan oleh Pemerintahan Belanda di masa penjajahan sebagai Gardu Pantau Pertumbuhan tanaman Enceng Gondog di kawasan Rawa Pening. Awal tujuan didirikannya tempat ini yaitu untuk mengatur pertumbuhan tanaman enceng gondog.
bukit cinta ambarawa
Tahun 1975, pemerintah kabupaten Ungaran (Semarang) mengubah Gardu Pantau Pertumbuhan Enceng Gondog tersebut menjadi Spot Gardu Pandang di Rawa Pening. Tahun 1983, tempat tersebut mulai populer dikalangan masyarakat luas dan resmi berganti nama “Bukit Cinta”. Dinamakan Bukit Cinta karena tempat tersebut karap dimanfaatkan oleh pemuda-pemudi sebagai tempat untuk memadu kasih.
Mitos Bukit Cinta Ambarawa Semarang

Mitos Rawa Pening yang menjadi pemandangan indah di Bukit Cinta berawal dari Legenda Baru Klinting yang merupakan putra dari jelmaan ular naga. Pada suatu ketika dia mencabut lidi yang membuat bekas cabutannya tersebut memunculkan sebuah sumber mata air hingga membanjiri dan menenggelamkan sebuah pedesaaan yang kini kita kenal dengan nama Rawa Pening.

Sementara mitos patung seekor ular raksasa yang berada di kawasan Bukit Cinta yaitu karena konon katanya dulu ada seekor ular yang menanti Ibunya untuk diakui sebagai anak hingga badan ular tersebut melingkari sebuah gunung. Namun, ternyata takdir berkata lain, dia malah mati terbunuh dengan cara dipotong.

Destinasi Wisata Bukit Cinta Ambarawa Semarang
Destinasi Wisata Bukit Cinta Ambarawa Semarang

Lokasi dan Akses Menuju Bukit Cinta

Wisata Bukit Cinta terletak tak jauh di kawasan danau Rawa Pening, tepatnya di Salatiga-Ambarawa, Ds. Kebondowo, Kec. Banyubiru, Kab. Semarang, Jawa Tengah. Letaknya sangat strategis dan kondisi jalannya pun juga sangat baik sehingga mudah diakses oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Hanya saja, pada beberapa titik masih terdapat sejumlah lubang dan tentunya hal tersebut cukup menganggu para wisatawan yang akan berkunjung ke Bukit Cinta. Sementara untuk papan petunjuk arah sudah tersedia di beberapa titik untuk membantu para wisatawan yang kan berkunjung ke lokasi Bukit Cinta.

Untuk sampai lokasi, ada dua rute yang bisa kamu pilih jika kamu menemupuh perjalanan dari pusat kota Semarang. Pertama, melalui Jl. Tol Ungaran-Bawen dengan jarak tempuh sekitar 47,9 km atau memakan waktu tempuh sekitar 1 jam 1 menit dari pusat kota Semarang. Kedua, melalui jl. Semarang-Surakarta/Jl. Semarang-Yogyakarta dan Jl. Tol Ungaran-Bawen dengan jarak tempuh sekitar 46, 2 km atau memakan waktu tempuh sekitar 1 jam 17 menit. Sementara bila kamu berasal dari Kota Salatiga, jarak yang kamu tempuh sekitar 10 km atau memakan waktu tempuh sekitar 15 menit perjalanan untuk sampai lokasi Bukit Cinta.

Lokasi: Kebondowo, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah 50664
Map: Klik Disini
HTM: Senin-Jumat Rp.6.000/Orang, Sabtu-Minggu Rp.7.500/Orang
Buka Tutup: 08.00-18.00 WIB
Telepon: –

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini