Destinasi Wisata Goa Kreo Semarang adalah objek wisata yang terdapat di Kota Semarang Jawa Tengah. Goa Kreo adalah Goa yang tercipta oleh alam berada di tengah-tengah Waduk Jatibarang. suatu bendungan yang membendung Kali Kreo..

Wisata Goa Kreo Semarang

Harga Tiket Masuk Goa Kreo Semarang

Bagi anda yang ingin mengunjungi tempat ini namun takut menguras kocek, tenaang! Anda tak perlu berspekulasi berlebihan bila ingin mendatangi tempat eksotis yang satu ini.

Cukup mengeluarkan biaya sebesar 5 ribuan saja per orangnya untuk htm terbaru, anda sudah dapat berkunjung sekaligus mendapat penjagaan asuransi.

Jam Buka Goa Kreo Semarang

Penasaran dengan jam berapa goa kreo waktu buka & tutup? untuk berkunjung ketempat ini sendiri, waktunya cukup fleksibel.

Pengunjung bisa berwisata ke sini mulai pagi hingga sore hari. Kawasan wisata goa kreo ini sudah buka setiap hari mulai pukul 07.00 pagi.

Sekilas Sejarah

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, goa ini dulunya merupakan petilasan Sunan Kalijaga. Alkisah Sunan Kalijaga sedang dalam perjalanan membawa kayu jati dari Jatibarang ke Demak. Namun beliau selalu kesulitan ketika membawanya melalui jalur darat.

Akhirnya sang sunan melakukan tafakur (bertapa) di goa yang sekarang disebut Kreo ini. Tak berapa lama datanglah gerombolan monyet ekor panjang. Diantara monyet tersebut ada 4 ekor yang warnanya berbeda (merah, putih, kuning, emas).

Uniknya, sekawanan monyet ekor panjang ini membantu sang sunan memindahkan kayu. Menurut legenda, kayu tersebut akan digunakan membuat tiang Masjid Demak. Setelah berhasil memindahkan kayu, Sunan Kalijaga berterima kasih kepada kawanan monyet tersebut.

Tak disangka, sekawanan monyet itu terus mengikuti sang sunan. Sang sunan berpesan kepada monyet untuk tinggal di sini saja menjaga kayu jati. “ Mangreho” yang kesimpulannya jadi nama Goa Kreo.

Hingga sekarang sekawanan monyet ekor panjang masih menjadi penghuni goa ini hingga kini. Itulah sebabnya jangan kaget ketika mengunjungi tempat ini, wisatawan akan disambut sekelompok monyet. Pengunjung bisa memberi makan monyet dengan membawa makanan sendiri dari rumah.

Melewati Jembatan yang Indah

Wisata Goa Kreo Semarang, Wisata, Sejarah & Harga Tiket Masuk
Jembatan yang memudahkan akses pengunjung ke area goa. Foto: Google Maps/fajar Arifin

Seperti disinggung sebelumnya, goa ini berada di tengah-tengah bendungan. Perihal ini membuat wisatawan wajib menyeberangi bendungan buat hingga ke Goa Kreo. Untuk menyeberangi bendungan, ada jembatan melintang yang kokoh dan eksotis.

Sebelum melintasi jembatan merah yang kokoh tersebut, pengunjung harus menuruni beberapa anak tangga. Tak hanya sebagai penghubung untuk sampai ke goa, jembatan ini memiliki fungsi lain. Apalagi kalau bukan spot foto, karena memang keren bisa berfoto di jembatan ini.

Berfoto Dengan Pakaian Ala Korea

Wisata Goa Kreo Semarang, Wisata, Sejarah & Harga Tiket Masuk
Spot Foto Sakura Kekinian, photo by @yully_s.l

Kawasan sekitar goa terdapat berbagai spot foto buatan yang unik bagi wisatawan. Spot foto yang pertama adalah tema Korea. Wisatawan dapat difoto dengan latar belakang bunga sakura ala Korea dengan panorama alam waduk.

Agar semakin menarik, tersedia penyewaan pakaian tradisional Korea (hanbok) bagi pengunjung. Untuk menyewa hanbok, pengunjung cukup membayar Rp15.000. Pengunjung bisa menggunakan properti tambahan, seperti bunga, boneka dengan menambah Rp5.000 per properti.

Pemandangan Waduk dan Bukit

Dari kawasan goa pengunjung juga bisa menikmati keindahan waduk jatibarang. Foto: Google Maps/radhiyatul fajri

Tidak semacam di Goa Jatijajar yang di dalamnya ada diorama Lutung Kasarung. goa ini tidak menawarkan eksotisme semacam itu. Goa Kreo lebih menawarkan keelokan panorama alam waduk serta bukit dengan tumbuhan yang rindang.

Rumah Eskimo

Wisata Goa Kreo Semarang, Wisata, Sejarah & Harga Tiket Masuk
Spot foto rumah eskimo. Foto: Instagram/anakhitssemarang

Tidak cuma spot gambar Korea, di mari pula ada spot gambar rumah eskimo. Masih menggunakan background air waduk, namun kini temanya salju dan rumah eskimo. Spot foto seperti ini sebenarnya hanya memanfaatkan halaman belakang rumah penduduk sekitar.

Kreativitas mereka dalam membuat spot gambar keren pantas diacungi jempol. Properti yang mereka desain dan gunakan benar-benar menyatu dengan tema. Terdapat pengelola di tiap spot yang siap mengambil foto terbaik dari pose wisatawan.

Spot Foto di Atas Awan

Terdapat spot gambar lain yang tidak kalah menarik, ialah spot gambar awan. Spot gambar ini begitu sederhana, sebab cuma tersusun dari kapas. Dengan angle yang pas, difoto di mari membuat wisatawan seolah bermain di awan.

Fasilitas di Goa Kreo

Untuk mengakomodasi segala kegiatan pengunjung di kawasan obyek wisata goa ini pengelola menyediakan berbagai fasilitas penunjang. Fasilitas pertama berupa kamar mandi yang ada di dalam (melewati jembatan). Selain itu juga ada mushola yang berada di bagian depan.

Lokasi: Jalan Raya Goa Kreo, Gn. Pati, Kandri, Kota Semarang, Jateng 50222
Map: Klik Disini
HTM: Rp.4.000 per Orang
Buka Tutup: 05.00 – 18.00 WIB
Telepon: 0852-9179-4931